javascript:void(0)

Mengapa Bayi menangis sebelum tidur??


Malam ini aku bakalan ga tidur seperti biasanya. Akhir pekan malah jadi waktu yang asyik buat Workaholic. Maklum Lagi ngejar deadline. Selain pengen Lulus dengan IP tinggi, yaa minimal udah punya penghasilan Guede... 
Rencanane mata on sampe jam 5. Moga aja ga kepathok ayam pas bubu kompensasi.

Ngomong2 dulu aku pas sering baca buku di Sampoerna Corner ada buku yang judulnya : Baby Whisperer. Nah di situ banyak tuch diceritakan kenapa bayi kayak gini, kenapa kayak gitu. Ya maklum nanya juga bayi. Ga bisa ngomong. Apalgi SMS, atau posting Quicknote. di MP.  Misale mau pipis, laper atau liat sesuatu yang indah or menyenangkan. Kagak bakalan dah, tuch bayi posting status di FB nya. Umiiiiiiii........... kebelet pipiiiiis..
Nah, ada satu fenomena, yang sering terkadang bikin kita or ibu-ibu or tetangganya ibu-ibu kurang nyaman. Kenapa??
Biasanya bayi itu sebelum tidur mesti nangis. and kalau ga bener2 tahu bahasa hatinya kadang bikin kesel. Nah ini... saya ada yang bisa dibagikan. Ya itung2 buat yang udah jadi umi, calon umi, atau uminya umi..

Kenapa bayi menangis sebelum Bobo???

“Aku lapar alias inyong kencot”

meskipun masih bayi, kadang juga jaim. ga bakal... ada bayi pas baru lahir langsung bilang : umi, aku lapar.. yakin hek. wetenge kencot banget. Bayi akan berkomunikasi, salah satunya dengan menangis. Anehnya pas mau bobo juga kadang bayi lapar. lebih2 kalau siangnya banyak bermain n apa yang dimakan pas siang ga di mat (hehehe di rahmat). maksudku ga dicerna dengan baik.

“Aku sangat lelah. mbangkreng kyeh ma...”
Sekalipun bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, ia kadang-kadang tidak mengetahui membutuhkan tidur jika kelelahan.  Bayi yang kelelahan biasanya menggosok mata atau menguap. Kelelahan membuatnya susah tidur.  Nah apalagi kalo siangngya itu gejog ngalor ngidul lan thik thikan munggah meja, namplek gelas, sisan mbandem maling. pasti bayi juga ngerasa capek. n biasanya dilampiaaskan pas belum tidur..

“Ma, aku tidak enak badan alias ora penak ngawak..”
Sakit itu tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Bayi pun merasakannya. coba dichek dari ujung rambut sampai ujung kaki. adakah yang janggal?? Kasihan kalau tahu-tahu si bayi udah ga bisa bobo, terus ga doyan maem. ntar gering/kurus. Kayak yang lagi nulis ini. he2x 

"Aku basah atau kotor"
Eh, siapa tahu yah si bayi itu iseng pipis di kasur. Coba dichek dulu. barangkali si bayi udah bikin kasur basah, makanya dia gak terima kalo mesti bubu di situ...

"Aku kedinginan atau kepanasan" or aku anget2 kuku

Semua bayi tidak suka telanjang dan mereka tidak bisa tidur bila tubuhnya dingin, utamanya kaki mereka dingin. Jadi, Anda bisa memakaikan baju hingga menutupi seluruh kakinya, maka dia akan berhenti menangis. Kadang kala dot pun bisa menenangkan si kecil.  Nek bayine wis gedhe??? dotnya diganti permen?? aja !! diganti coklat baen
Kebanyakan bayi tidak suka hawa terlalu panas. Nah, Anda bisa mengenalinya lewat wajahnya yang berkeringat alias gobyos. berkeringat loh yah.. catet!! bukan merah. soalnya kalo wajah memerah.. artinya meh ee alias poop. Hati2x

"Aku ingin dipeluk"
Bayi-bayi memerlukan intensitas pelukan sangat banyak. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memeluk si kecil. .. wew.....

"Aku nggak nyaman"
Biasanya, bayi terganggu dalam kondisi atau posisi tertentu. Semakin besar, bayi akan mendesak dirinya hingga terjepit di tempat tidur mungilnya, sehingga Anda pun musti turun tangan membetulkan posisi di bayi. 

Nah, sekarang buat yang udah punya bayi jadilah penakluk bayi yang sesungguhnya. Raskan setiap whispernya (bisikannya) dan menangkan hatinya. Lah naklukin yang bikin bayi aja bisa, malah yang lebih gedhe. masa ga bisa naklukin si bayi.. heee. kalo buat yang belum punya bayi.... ya taklukin yang tetttt (sensored) yang lainnya saja. 

Becoz bayi ga bisa bikin status di Fb, Ga bisa posting Quicknote di MP, ngetwit atau SMS....

Oh iya saudaraku. Yen bayi nangis bae tidak ada istilah Di LEM Biru alias Dilempar terus bikin yang baru. atau istilah De Bal kuning sing artine Debalangna trus kur gari gawe maning. Ora nana, yakin heq... yakinlah.. ora nana. Melasi pisan. Tur ora ilok  mbok dosa lan kena welek. Okeh??? 

Have a nice day with your baby. feel in every  whisper

Comments

  1. daning ponakanku nek arep turu malah guyonan disit. :p

    ReplyDelete
  2. ponkane apa kone??? weeleh.. ome kelainan kuwe...

    ReplyDelete
  3. hla nek udu bayi maning tapi senenge nangis, bngun tengah malam, semua mainan digelar, umminya pun harus melek.. nha kuwe kepriwe?? jenenge bae böcahhh

    ReplyDelete
  4. ya iya wong bocah... nek wis tuwa nen ko ngerti. ngemut mba... kaya inyong sing siki rumangsa.

    ReplyDelete
  5. apa dwik????? NGGUYONI WONG TUWA.. SARU!!!

    ReplyDelete

Post a Comment