javascript:void(0)

facebook sick


Artikel ini memang yang pertama, karena setelah saya berselancar ke dunia maya di google maupun bing belum pernah ada postingan yang sejenis. So, tentu masih banyak sekali kekurangannya.Ini juga bagian dari introspeksi saya lewat media ini (maaf curhat)..

facebook sick menurut google translator artinya sakit facebook
menurut definisi saya pribadi, penyakit ini adalah sebuah sindrom yang dihadapi seseorang akibat ketergantungannya terhadap facebook walaupun sudah memutuskan resign (ga aktif). facebook sick ditulis dengan huruf F yang kecil karena memang di logo facebook F nya emang kecil. jadi ga bener tuch yang nyingkat facebook jadi FB. Ntar dimarahi loh sama si Mark Zuckerberg hehe ^_^v..

Facebook sick yang saya maksud di sini bukan menyerang kepada mereka yang sedang doyan-doyan nya facebookan. Kalo yang ini saya anggap facebook holic, alias istilah jawane gemblung facebook. facebook sick justru menyerang mereka-mereka yang telah memutuskan untuk meninggalkan situs ini. Sebagaimana saya contohkan adalah diri saya sendiri. Tepatnya tanggal 18 Maret lalu saya memutuskan resign dari facebook, dan saya mersakan penyakit ini.

Layaknya homesick yang senantiasa diartikan dengan istilah rindu rumahan atau ingin pulang ke rumah, facebook sick juga kurang lebih artinya sama. Sekedar intermezo lagi, kenapa tidak saya tulis facebooksick (dengan teks menyatu) seperti pada kata homesick??
Yaa karena kalau diterjemahkan ga ada artinya....

Lanjutkan yah,

Gejala-gejala facebook sick
Layaknya sebuah penyakit yang diderita oleh manusia, facebook sick ini memiliki gejala yang dapat menjadikan penggunanya kembali aktif menjalani dunianya di situs sosial ini. adapun gejala-gejalanya antara lain  :

1. Merasa tidak "gaul"
Ini biasanya terjadi untuk seseorang yang tidak bisa membangun reputasi sosial di dunia nyata. Resign dari facebook bukannya dapat sambutan hangat dari teman-teman atau kerabat di dunia nyata, eh malah dicibir dan merasa tetap jauh dengan mereka. Perasaan seperti ini sangat sering terjadi dan akan membuat ybs kembali aktif menjadi seorang facebooker.

2. Suka nonton News feed
Salah satu yang menarik dari facebook adalah adanya news feed. Di dalam news feed, kita bisa melihat postingan status teman-teman kita dan aktivitas lain seperti posting foto, video dan lain sebagainya. Uniknya, biasanya mereka-mereka yang sudah resign dari fecebook masih tetep sering login di facebook hanya untuk membuka news feed. kalau sudah seperti ini, tinggal tunggu tanggalnya saja. Pasti dia akan aktif kembali dengan akunnya.

3. HIC (Hasrat Ingin Coment)
Istilah baru nich... bisa dipake di MP juga. Gara-gara liat status teman yang mancing-mancing gitu, si facebook sicker bukannya tetap dengan keputusan resignnya eh malah jadi kebelet ngomen.....ketahuan dech sama temannya kalau dia ngomen n comeback ke facebook. Terlanjur ngomen, jadinya Lanjutgan... nge-fb lagi dah..

4. HIP (Hasrat Ingin Posting)
Diakui memang, di facebook kita mudah sekali untuk bisa mendapatkan teman, tetapi biasanya sangat sedikit yang respon dan serius dengan postingn kita. Namun biasanya dengan memposting di fb rasa-rasanya kok dilihat banyak orang yah?? nah yang rasa-rasanya inilah yang bikin seorang resigner fb ingin kembali ke fb hanya untuk posting sesuatu... Hayoh.. siapa yang lagi kena HIP??
Terlebih lagi, buat yang merasa udah famous layaknya artis. Kayaknya perlu mengeluarkan info-info sputar kegiatan sehari-harinya. Tuh di fab bisa-bisa artis kalah sama penggemarnya dalam hal posting memposting. hehe ^_^v
dari peristiwa post to post inilah si resigner berat untuk bisa tetap konsisten.

5. Walling in Love
Suka ngewall?? kalau saya orangnya tidak begitu suka. Tetapi coba, jika kita di wall ama teman kita rasa-rasanya kok ndak pantes yah kalau kita ga mbales. nah apalagi kalo kita di wall nya pada saat resign.. Rasanya gimana coba. Ini saya alami sendiri saat milad kemarin. Banyak banget ampe bejibun tuch wall dengan ucapan-ucapan do'a gituh. Karena aq punya Teori TOMAT (Tolong, Maaf dan Terima kasih), yah akhirnya aku kebobolan n mutusin buat pulang kampung dulu. Waduh, Jadi maluw,...

6. Status Minder
Walaupun sudah memutuskan resign apa yang kita alami sehari-hari, kejadian-kejadian unik yang menimpa kita seolah sudah menjadi setingan Alam bawah sadar kita untuk kita tuliskan di status. Karena SM inilah seolah ada perasaan menyesal/bersalah, "Coba dech kalao gua ga mutusin untuk resign dari fb, pasti gua tulis tuh kejadian di status... "kekeke
Untung bagi MPers, bisa mengalihkannya di Quick Note. So sebenarnya sama aja yah.... (curhat)
hehehe

Dan mungkin masih banyak lagi gejala facebook sick yang menimpa seseorang yang saya beri gelar facebook sickers. Untuk itu, silahkan ditambahkan saja oleh teman-teman yahh.

Saya adalah seorang pengguna facebook yang memutuskan untuk resign di saat umumnya dewasa ini banyak sekali orang-orang berbondong-bondong untuk memiliki akun facebook. Alasan resign saya karena hal-hal idealis yang tidak bisa saya kemukakan di sini.
So buat sesama resigner, inilah kesempatan kita buat membentuk komunitas penyadaran berinternet yang sehat.

Untuk Tips menghilangkannya,?? Tunggu aja postingan selanjutnya. Tetap di sini, dan jangan ke mana-mana!!





Comments

  1. Istilah2nya kreatif euy!
    Saya pilih no.3. Heheu..

    ReplyDelete
  2. haha AI kena HIC yah...??? hehe...
    ketahuan..

    ReplyDelete
  3. tulisannya byk yg salah!
    kurang huruf
    kelebihan huruf
    spasi ada yg kelewat
    jd ga enak dibaca
    edit lagi!

    ReplyDelete
  4. Soalnya notification saya jadi sepi :p
    *tahaan.. tahaan..

    ReplyDelete
  5. ihh.. pas bgt tuh no 3
    hobi ngomen dan ngelike nih
    kalo cm liatin doang, ga tahaaannn rasanya.. :P

    kenaaa dehhh.. haha

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah..
    klu nisa g perlu mpe keluar dr fb siy, cm dmanage ajah..
    klu nisa alasan HIC ama nonton newsfeed yg paling aga susa dikurangi..

    tp g prlu mpe jd gemblung pesbuk,
    kan ada mp..
    hehehhe,,
    *mpholic
    ^^

    ReplyDelete
  7. hahay.. yang suka ngelike..
    iya yah.. padahal dulu pas awal ga tahu fungsinya tuh ngelike..

    ReplyDelete
  8. bagus lah kalo kayak gitu...
    MP holic=Gemblung MP

    ReplyDelete
  9. multiply six
    multiply seven
    multiply dst

    ReplyDelete
  10. defil like this... ^___^

    udah nganalisa fesbuk brp lama mas? hehe

    ReplyDelete
  11. thanks defil
    aq baru member setahun lalu n resign sejak maret 2010

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah... Secara pribadi, ana belum punya akun fb. Tfs.

    ReplyDelete
  13. nek secara jamaah berarti sudah punya yah...??

    ReplyDelete
  14. Hanya mengelola sesuai amanah. Tugasnya hanya mengkonfirm sj, jrg nulis jg. Adminya jg bukn hnya ana. :D

    ReplyDelete
  15. hehehe istilah baru lagi nih... "resign dari fesbuk" :D

    ReplyDelete
  16. ooooohh... begini toh kisahnya....
    yo wes... ditunggu postingan selanjutnya kaa..

    ReplyDelete

Post a Comment