javascript:void(0)

Tidak Cukup Jadi Silent reader; MENULISLAH

Kurang lebih sekitar hampir satu bulan ini saya absen dari menulis di Blog MP ini. Alasannya karena tidak cukup waktu untuk menyusun kata-kata dan terlebih kadang merasa kurang produktif ketika hanya berhadapan dengan monitor setiap harinya. Kesibukan di Lab pun jadi alasan yang cukup logis dan diterima.

Alih-alih mengurangi aktivitas di dunia maya, malah semakin rutin detempat lain. Yaa rutin di sini seolah tidak mau ketinggalan. Aktivitas terbaru saya adalah nonton berita yang ada di internet. So, situs-situs seperti www.detik.com, www.okezone.com, Situsnya TVone, Metro TV, SCTV, hampir setiap hari saya sambangi.
Jadilah saya penyerap informasi, terutama berita-berita terkait Sosial Politik dan Olah raga.

Hingga suatu ketika, saat saya mengunjungi situs Metrotv.com, saya menonton salah satu video streaming Metro files yang berjudul Indonesia Menggugat...
Di sini diceritakan dengan jelas dan detail bersama dengan rekonstruksinya bagaimana Soekarno berjuang dalam mewujudkan kemerdekaan Republik ini.

Soekarno tidak serta merta menjadi terkenal saat itu hanya karena pidatonya yang menggebu-gebu seperti yang kita kenaldan kita tahu sekarang. Sesungguhnya Soekarno membangun citra kepemimpinannya, citra pemikirannya bahkan gagasannya tentang Indonesia Lewat sebuah media tulis. Waktu itu Soekarno mendirikan Surat Kabar Persatoean Indonesia. Suatu Ketika, karena gagasan Soekarno dengan Proyek PNI nya dinilai membahayakan eksistensi kaum imperialis, maka Soekarno pun dijadikan tahanan dan tinggal di Sebuah Penjara Suka Miskin.

Rupanya keadaan sulit ini tidak menjadikan Soekarno berhenti menulis, menulis dan menulis yang dia publikasikan lewat Surat Kabar Persatoean Indonesia. Bahkan ada seorang pujuangwanita yang rutin mengirimkan buku-buku bacaan Buat Soekarno, sebagai referensi dan inspirasi. Maka Saat di penjara pun soekarno telah berhasil menyalurkan pemikirannya serta menjadikan Citra saat itu bahwa Indonesia adalah Bung Karno, dan Bung Karno adalah Indonesia.

Barulah kemudian pada saat sidang  yang mendakwa Soekarno, alih-alih memberikan kesempatan kepada pengacara dan mempercayakannya melakukan pembelaan, Soekarno Memanfaatkan Momentum di mana dipertemukannya kaum Imperialis dan Rakyat (yang mengunjungi sidang) Sebagai momentum untuk menyampaikan Pidato pertama Soekarno Yang berjudulIndonesia Bangkit.Inilah awal mula Soekarno mengobarkan semangat dan pemikirannya lewat lisan.

Kita lihat bahwa tanpa tulisan-tulisan yang Soekarno buat barangkali akan sedikit yang menerima gagasan dari pada Indonesia yang Soekarno dan Hatta fikirkan.

Saya pun mencoba mengingatkembali masa-masa perjuangan tahun 1965. Saya jadi mengerti kenapa kejadian pada tahun 1965 bisa kemudian menjadi sejarah yang sulit untuk dilupakan dibanding sejarah Reformasi 1998 yang mungkin sudah sedikit orang yang mengenangnya. Jawabannya sangat sederhan : Tulisan

Coba kita analisa, saat terjadinya Revolusi banyak sekali aktor / pejuangnya yang menggunakan media tulis untuk mengabadikannya. Sebut saja misalnya Taufik ismail dan kawan-kawannya yang terkenal dengan angkatan 65. Sedangkan pada tahun 1998 praktis tokoh-tokoh/pejuangnya justru berebut harta rampasan perang berupa rezim yang baru. Sehingga mereka lupa menuliskan sejarah reformasi itu dengan tinta emas. Maka wajarlah ketika 12 tahun yang akan datang sedikit yang tahu tentang reformasi. Pun tidakakan pernah berdiri monumen reformasi. kecuali kalau saya jadi presiden. hehehe ^_^v

Dan peristiwa-peristiwa di belahan dunia lain yang cukup menginspirasi kita. Bagaimana Ikhwanul Muslimin di Mesir Kemudian tumbuh menjadi Harakah Islam terbesar di Mesir bahkan di dunia saat ini. Semua bermula dari pemikiran-pemikiran Imam Syahid Hasan al-Banna yang dituangkan dalam sebuah buletin Ikhwanul Muslimin.

So, Saya pikir di Multiply ini gak cukup jadi Silent reader untuk menjadi bagian dari sejarah. Tetapi Menulislah

Comments

  1. yang saya baca dari sebuah buku ,Maximixe your strength, salah satu yang hrs kita lakukan untuk mengoptimalkan potensi adalah mengartikulasikan setiap gagasan kita dalam bentuk tulisan, shg orang lain tau ttg brand diri kita.Tanpa mengutarakan dalam tulisan, memang ide dan gagasan akan hilang dan terlupakan terbawa angin :)

    ReplyDelete
  2. Really Like this! Tfs.. Artikel yg sgt bagus utk mnumbuhkan smangat menulis n_n

    ReplyDelete
  3. Hmm, jd ingat kalau sudah lama nggak menulis d blog. Postingnya hanya agenda dan foto sj. Syukron sudh diingatkan. Jzkmlh.

    ReplyDelete
  4. Artikelnya inspiratif! Terus brkarya ya.

    ReplyDelete
  5. ya tepat silent reader b ecome silent killer ? gugu

    ReplyDelete
  6. hehe saya juga bingungmau nulisnya gimana gituh..

    ReplyDelete
  7. hayah... bener bangettt.. liat postingan saya 3 pekan terakhir

    ReplyDelete
  8. apanya yang sami???
    bukanya sami di penjara yah??

    ReplyDelete

Post a Comment