javascript:void(0)

Mimpi-mimpi Nano

Nano mengingatkanku dengan masa kecilku, dengan seorang guru mengaji yang bernama kuwatno yang sering di sapa mas nano. Kita sering ngekek waktu dulu pas ada iklan permen nano-nano yang manis asem asin, rame rasanya. Kok bisa yah namanya sama dengan guru ngaji kita??

Kali ini yang mau kita bahas bukan nano yang guru ngaji itu ataupun nano yang permen manis asem asin tadi. Sedikit kita akan membahas tentang nanosains..keliatannya agak berat nich....


Nanosains itu kata Pak Mikrajudin, adalah ilmu rekayasa dalam penciptaan material struktur fungsional maupun divais dalam skala nano meter. kok kaya kuliah yah?? Jangan cabut dulu yah.....

Simplenya begini nich saudara-saudara kalo dulu awal-awal yang kita pahami benda itu bisa dipegang alias diraba, dirasa, dibaui di indra dll. Nah itu masih skala partikel. Kemudian setelah itu dengan ditemukannya mikroskop kita belajar sekala mikra. Contohe sel mahluk hidup (kalo biologi) dan lainnya. Nah..ternyata makin hari kita bisa ngeliat hal-hal yang semakin kecil, so nano ini kemudian yang sekarang santer.... menjadi isu utama dalam ilmu material.

1 nano itu setara dengan 1/1.000.000.000. kalau dala penggaris yang 1 meter, 1/1000 nya kan 1 mm, 1/1000 dari 1mm itu 1 mikro meter dan 1/1000 dari 1 mikro meter itu 1 nano meter..

Atau bisa dianalogikan bahwa 1 nano itu setara dengan diameter rambut yang dibagi 20.000..

Nah itu teorinya.....

Kalau struktur suatu materi semakin kecil maka pastinya bakalan semakin kokoh dan semakin memiliki fungsi khas yang bisa dimanfaatkan.. jadi akan banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan...

Bayangkan saja dulu, betapa besar ukuran radio, Resistornya saja ukurannya seperti tangki, belum trafonya seukuran lemari. Segingga kalo mau naruh radio bisa satu kamar penuh

tapi setelah dikenal IC yang notabenenya berskala mikro semuanya jadi lebih simple dan sederhana. bahkan radio sekarang berukuran flashdisk juga banyak

Beberapa mimpi-mimpi tentang nano, misalnya :

1. misalnya dalam dunia kesehatan, ada nano medicine alias nano drug. sebagian penyakit itukan menyerang sel yang skalanya mikro, so dengan nano drug ini bakalan bisa mengobati penyakit tepat pada sasaran. 

Jadinya lebih efektif. Tapi perkara sembuh kagaknya itu Wewenang Alloh SWT... 


2. Pembersih Polutan berskala nano, bayangannya jadi di tepi jalan2 itu kita pasang lapisan penyerap yang berskala nano sehingga memungkinkan udara kotor dan gas-gas buang kendaraan terjebak di suatu tempat.

3. Dalam bidang militer misalnya, bagaimana menciptakan komposit yang kuat, tetapi sangat lentur sehingga tidak mudah ditembus benda.. nah ini cocok untuk rompi anti peluru. 

4. Dalam bidang Teknology informasi dan elektronika maka komponen2 seperti RAM, memory, dan processor akan berukuran semakin kecil, namun performancenya juga semakin besar.


Nah.. itu cuma mimpi-mimpinya yah... kapan terlaksananya kita gak tahu

kalian disini juga boleh bermimpi kok......

Kira-kira apa yah mimpi teman-teman semua?? 




Comments

  1. sandra dewi cakep euy

    ntar buat sekuensing DNAku juga make sekian nanogram
    nah loh nimbang dimana coba
    haghag

    ReplyDelete
  2. ooo itu dewi sandra toh??
    Nimbangnya di balai desa aja

    ReplyDelete
  3. sandra dewi
    dewi sandra beda lagi

    sekalian aja di posyandu :p

    ReplyDelete
  4. owh.. beda yah..
    anu ora tau nonton tipi sich
    iya maksude juga di posyandu
    nek ora ya ning bakul gula atawa beras

    ReplyDelete
  5. perkembangan ilmu biology selalu mengikuti perkembangan ilmu fisika.
    jadi klaopun akhirnya terjadi lagi revolusi di bidang biologi ane yakin sebelumnya di dahului revolusi di bidang fisika. ntah itu kapan dan pada saat itu dunia sudah seperti apa.
    seperti kata pepatah bahwa ilmu fisika adalah mother of scince.. :)

    ReplyDelete
  6. weistah... fisika juga nich bang
    berarti sekufu
    Ga cuma biologi. kimia juga derivatnya fisika kok

    ReplyDelete

Post a Comment