javascript:void(0)

Bangsa Ngapak Siap Mendunia

#Bahasa Ngapak

Bahasa ngapak adalah salah satu dialek dari bahasa jawa. Ciri-cirinya adalah bahasa ngapak ini lebih dominan dalam menggunakan vokal A pada setiap akhir kata bukan O sebagaimana bahasa jawa pada umumnya. Konon bahasa ngapak ini justru lebih tua dari pada bahasa jawa karena hubungannya yang lebih dekat dengan bahasa sansekerta. Kita lihat saja kata-kata BHINEKA TUNGGAL IKA TANHANA DHARMA MANGWA, pasti akan lebih cocok diucapkan dengan dialek ngapak. Kalau kita ucapkan dengan dialek solo maka jadinya BHINEKO TUNGGOL IKO TONHONO DHORMO MONGWO, eits ga segitunya kali, tapi memang dialek ngapak ini lain dari pada bahasa jawa, dialek ini pun lebih dekat dengan bahasa Indonesia. Misal untuk kata ADA APA. Kalau diterjemahkan ke bahasa jawa menjadi ONO OPO, tapi kalau di terjemahkan ke bahasa jawa ngapak menjadi ANA APA, dan masih banyak hal yang bisa kita pelajari dari sisni. Nah, jaman-jaman sekarang Bahasa ngapak ini menjadi komoditi dunia perlawakan. Pernah dengar kata kata : GAGAL MANING, GAGAL MANING, AJA KAYAKUWE, DADI KEPRIBEN?... itu adalah beberapa celoteh ngapak yang cukup populer. Para pelawak yang berdialek ngapak pun sangat banayak dan cukup terkenal, seperti PARTO OVJ, dan almarhum KASINO (WARKOP DKI) dan masih banyak lagi. Bahasa ngapak lebih terkenal karena lucunya. Salah satu produk ngapak yang cukup terkenal adalah CURANMOR, singkatan dari Pencurian sepeda motor, eh salah Curahan Perasaan dan Humor. Sebuah acara siaran radio yang berisi cerita-cerita humor harian di daerah Cilacap, saat ini sudah menyebar di seluruh Indonesia. Orang yang mendengarkannya walaupun tidak tahu artinya pasti akan dibikin ketawa terpingkal-pingkal. Curanmor ini menjadi sebuah fenomena bahwa bahasa ngapak itu benar-benar eksis.

# Bangsa Ngapak

Saya menyebutnya adalah sebagai sebuah bangsa karena jumlahnya yang cukup besar dan mendiami wilayah yang cukup luas. Bangsa ngapak ini mendiami sebagian wilayah Jawa tengah bagian barat yang terdiri dari 2 karasidenan yaitu karasidenan Banyumas (Banyumas Raya) dan Karasidenan Pekalongan (Tegal CS). Daerah yang masyarakatnya menggunakan bahasa ngapak antara lain : Ajibarang (disebut dulu yah ckckck), Purwokerto, Wangon, Kroya, Cilacap, Purbalingga, Banjrnegara, klampok, Bumiayu,  dan sekitarnya.  Yang jelas ada setidaknya 7 kabupaten di jawa tengah yang masyarakat dominannya menggunakan bahasa ini, yaitu Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Pemalang.

#Kayakiye.com

Satu fenomena yang ingin saya bahas melalui artikel ini adalah keberadaan sebuah situs jejaring sosial yang bernama kayakiye.com. Dari tampilan, sepintas sangat mirip dengan Facebook. Namun jika kita lihat bahasa GUI nya sanag beda. semuanya menggunakan dialek ngapak. Bisa kita lihat di halaman login misalnya, ada kata jenengan atawa email (untuk user) terus ada ceklist emutna aku yang biasanya: ingatkan aku, dan lainnya yang akan bisa membuat orang tertawa terpingkal-pingkal saat membuka akun tersebut, terutama sekali orang dari kalangan bangsa ngapak dan orang-orang yang tahu ngapak. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat gambar berikut :

kayakiye

Halaman muka situs kayakiye.com

kayakiye22

Halaman Registrasi

kayakiye3

Halaman dasbor

Kayakiye.com memiliki fitur yang cukup unik dan boleh dibilang tidak ada di facebook. Misalkan Follow, dalam bahasanya menggunakan kata melu. Ini adalah fitur yang biasa ada di twitter ataupun mikroblogging. Ada juga gim-giman yang merupakan fasilitas buat mereka yang suka games. Untuk mempermudah pengguna yang tidak bisa berbahasa ngapak, kayakiye.com menyediakan layanan berupa kamus bahasa ngapak. Sehingga dengan demikian kampanye ngapak ini bisa berlangsung dengan massiv. Selain itu, keberadaan situs ini  juga akan menjadikan bahasa ngapak bisa terkenal di dunia, karena bukan tidak mungkin juga pengguna situs ini adalah mereka-mereka yang di luar negeri dan tertarik mengenai jawa.

Jargon yang menjadi taglin kayakiye.com : kayakiye aja kayakuwe, kalau dalam bahasa indonesia artinya begini jangan begitu, sebuah bahasa tersirat yang mengajak kita lebih mencintai produk dalam negeri bukan produk asing.

Keberadaan Kayakiye.com juga tidak akan mempengaruhi keutuhan wilayah NKRI, tapi ini justru mendukung program pemerintah terutama dinas perdagangan yang belakangan ini sedang mengkampanyekan 100% CINTA INDONESIA melalui iklannya yang sangat kreatif : PEDEMUNEGERI.COM. Jadi sebagai orang ngapak saya sangat PEDE mempromosikan kayakiye.com,...

TERUSNA!!!!!


Tertarik dan penasaran bukan? Gabung dan bikin akun di kayakiye.com


Comments

  1. sing jakwiran kan ana pak, hahaha

    ReplyDelete
  2. wahahahaha..bagus!
    sayang gambar2nya kecil bgt mas, jadi gak bisa keliatan trus ikutan ketawa deh liat bahasanya yg aneh2..

    saya share ya!

    ReplyDelete
  3. keren mas....saya jg yakin bahasa ngapak bisa mendunia dan lbh menyenangkan ktimbang bahasa jawa yg umum.

    ReplyDelete
  4. insyaalloh.. kita orang ngapak itu udah terkenal jujur..
    A dibilng A bukan O
    udah gitu jarang ada preman.
    lah mau malak malah bikin lucu sich

    ReplyDelete
  5. iya beneeer...mau malak malah diketawain....

    ReplyDelete
  6. pesbuk ngapak, jenenge Jakwiran, coba deh cari

    ReplyDelete
  7. rika wis kenal karo gemblungers MP urung kang? nang kene miyen be ngaduk wong ngapake koh

    ReplyDelete
  8. saya pernah liat2 itu juga.. bahasa ngapak mengingatkan saya dengan sahabat saya di purwokerto.. ngapak abisss..

    ReplyDelete
  9. ngapak adalah perjuangan!!hidup ngapak!!hapuskan LG LG..C#

    ReplyDelete
  10. TERUSNA? itu kao di kaskus maksudnya lanjut gan, gitu yaa? hehe..
    saya pasti jadi miss linglung kalo punya akun itu :p

    ReplyDelete
  11. Bahasa Jawa bagian barat nih :)

    ReplyDelete
  12. makane ning purwokerto sing diajarna malah nyopet. ada kampung copetnya. Ga bakat jadi preman

    ReplyDelete
  13. durung. sapa baen? ngeneh kon pada srawungan karo inyong

    ReplyDelete
  14. ya jelas lah... masa wong purwokerto ora ngapak

    ReplyDelete

Post a Comment