javascript:void(0)

ID card Suporter sepak bola berbasis tabungan Bank Syariah


"Irfan Bachdim, salah satu anggota timnas Indonesia yang merupakan pemain naturalisasi itu begitu gembiranya ketika dalam pertandingan Piala AFF dielu-elukan namanya oleh ribuan suporter. Dua kali kesempatan ketika Timnas berhasil menggasak Malaysia 5-1 dan melabrak Laos dengan skor 6-0 Irfan begitu terkesan dengan fanatisme suporter Indonesia yang begitu besar terhadap tim kesayangannya. Jumlah yang begitu banyak, serta teriakan-teriakan yang menggelora itulah yang membuat Irfan merasa terharu, dan sangat bangga karena ini adalah bagian dari mimpinya di masa kecil, bermain di stadion yang penuh oleh suporter, mencetak gol dan suporter meneriakkan namanya. Bagi irfan, suporter telah memberi makna dan kepercayaan lebih."

1291588258960046508

Suporter dan Peranannya

Suporter sepak bola saat ini telah menjadi sebuah komunitas yang sangat besar dalam masyarakat perkotaan. Banyak orang bilang bahwa suporter adalah pemain ke 12 dalam suatu tim sepak bola. Hal ini memang bukan tanpa alasan, karena suporter adalah elemen yang selalu memberikan suntikan semangat dan motivasi bagi para pemain yang sedang berlaga. Tak heran jika kemenangan suatu tim biasanya lebih banyak diraih di kandang sendiri. Peranan suporter begitu besar, sehingga seluruh tim tanpa terkecuali akan berusaha tampil sebaik mungkin agar selain meraih tropy juga bertambah dukungan dari fans (suporter mereka). Club besar dengan raihan prestasi terbaik di liganya maka akan mendapatkan suporter terbanyak. 12915890551839114090Lihat saja kelompok suporter tim elit seperti Barcelona yang terkenal dengan sebutan Barcelonistas sampai saat ini telah mencapai 57,8 juta orang tersebar di seluruh penjuru dunia dan 5 juta diantaranya berada di Spanyol.  Contoh lain adalah Manchester United, di Indonesia  saja   saat ini diperkirakan memiliki lebih dari 28 juta fans. 



Di tanah airpun kita mengenal banyak kelompok suporter tim sepak bola. Persib Bandung terkenal dengan BOBOTOH-nya, Persija Jakarta terkenal dengan the Jack Mania-nya, Arema Malang dengan Aremania-nya serta yang paling terkenal adalah Persebaya dengan Bonek-nya. Jumlah suporter sepak bola di tanah airpun juga sangat besar. Mereka memiliki karakteristik masing-masing  mulai dari yang kalem dan loyal, fanataik sampai dengan yang ekstrim.

12915892471556789977

Seiring dengan perkembangan industri sepak bola, peran kelompok suporter yang semula lebih pada peran moral yaitu memberikan dukungan, semangat dan menjadi motivasi para pemain, saat ini peranan kelompok suporter  mulai mengarah pada peran material atau komersil. Militansi dan fanatisme kelompok suporter akan menjadikan mereka rela mengenakan simbol-simbol kebesaran tim sebagai bagian dari kebanggan mereka. Hal ini bermanfaat bagi club atau tim tersebut dalam mendulang keuntungan dari penjualan pernak-pernik yang berhubungan dengan club. Sebagai contoh adalah Real Madrid, di masa kepemimpinan Florentino Perez di mana tim itu terkenal dengan sebutan Los Galacticos justru meraih keuntungan terbesar bukan dari banyaknya tropy yang mereka raih, tetapi dari penjualan merchandise yang meningkat begitu tajam lantaran tim itu bertabur bintang dan juga dari penjualan tiket pertandingan persahabatan.  Singkat kata suporter sepak bola adalah sebuah pasar yang sangat menjanjikan bagi dunia sepak bola.

Syarat keanggotaan Suporter

Sampai saat ini suporter merupakan sebuah unsur penting yang tidak menjadi perhatian PSSI. Dalam sejumlah persyaratan untuk calon peserta LSI yang berat-berat itu, BLI sama sekali tidak menyertakan masalah suporter. Padahal suporter adalah sesuatu yang sangat signifikan dalam kelangsungan hidup sebuah tim sepakbola. Jika pertandingan sepakbola tanpa penonton, untuk apa pertandingan mesti diadakan? Tapi jika penonton sering rusuh, siapa yang paling susah?

Meskipun secara resmi PSSI belum menetapkan persyaratan terkait keanggotaan supporter namun beberapa club sudah memiliki inisiatif terkait persyaratan supporter secara resmi. Diantaranya adalah : usia minimal 17 tahun, menginduk pada organisasi resmi kelompok supporter, dan memiliki kartu anggota/IDcard. Kartu anggota ini selain berfungsi sebagai identitas juga dapat menunjukkan kebanggan seseorang terhadap club tertentu.1291589326376381219

Rancangan ID Card berbasis Bank Syariah

Ide Dasar

Dengan melihat begitu besarnya kebutuhan terkait ID card suporter ini maka kita dapat menjadikannya sebagai sebuah produk yang memiliki pasar yang sangat menjanjikan. Ide yang terpikir adalah bagaimana melakukan modifikasi pada kartu ATM Bank Syariah menjadi kartu anggota suporter/ID card suporter. Fungsi utamanya pada hakikatnya tetaplah kartu ATM namun dengan melakukan modifikasi disain maka dapat berperan ganda yaitu sebagai kartu anggota suporter. Hal ini akan sangat menguntungkan suporter, mengingat kartu anggota ini bukanlah kartu biasa-biasa saja, tetapi ada nilai plusnya. Lebih-lebih Bank Syariah merupakan Bank yang sangat memberikan kenyamanan pada nasabahnya. Jadi disamping bisa menyalurkan hoby dalam menonton sepak bola karena telah mempunyai kartu anggota resmi, juga dapat menabung dan menarik uang tunai di setiap ATM. Selain sebagai kartu ATM, kartu ini juga sebagai kartu tabungan

Bentuk , Desain dan Harga

Bentuknya dapat digambarkan sebagai berikut :

1291588875837685810








Dalam kartu ini terdiri dari :

1. Logo Kelompok suporter : menerangkan Organisasi yang menanungi suporter

2. Identitas yang terdiri dari : Nama, ID dan bisa ditambahkan nomor rekening

3. Nama dan logo Bank : Sebagai penyedia layanan produk kartu ATM

4. Logo IB : merupakan penanda bahwa kartu ini merupakan produk yang telah disertifikasi sebagai produk syariah oleh BI.

5. Template latar : dapat menyesuaikan dengan karakter kota/kekhasan kota

Harga pembuatan kartu ini sangatlah murah. Jika untuk membuka rekening di Bank selama ini adalah 225 ribu dimana 25 ribu adalah untuk membuat ATM, maka anggota suporter hanya perlu mengeluarkan biaya 25 ribu untuk membuat kartu ini. Dalam hal ini saldo awal nasabah adalah nol.

Pihak bank harus selalu mengadakan sosialisasi untuk merangsang para pemilik kartu ini agar meningkatkan saldonya, antara lain dengan iming-iming program tiket gratis nonton liga eropa, Meet and great dengan pesepakbola terkenal dan sebagainya. Yang jelas dengan adanya kartu ini secara tidak langsung suatu bank telah menanamkan Virus Syariahnya ke sebuah komunitas yang besar dan fanatik.

Fungsi dan Nilai Tambah (Added Value)

Fungsi utama ID Card atau kartu anggota suporter ini adalah sebagai tanda pengenal resmi dan keanggotaan seorang suporter pada sebuah club. Kemudian karena pada dasarnya kartu ini adalah ATM maka dapat digunakan untuk transaksi perbankan sehingga nilai tambah yang bisa didapatkan adalah

1. Bisa digunakan untuk menarik uang tunai di seluruh jaringan ATM bersama

2. Sebagai kartu Tabungan (chek saldo dan penyetoran)

3. Mendapatkan Asuransi jiwa

4. Mendapatkan bonus tiket partai bigmatch dengan syarat tertentu (misal, saldo minimal 5 juta)

5. Dapat berfungsi sebagai kartu diskon pembelian merchandise dan jersey

dan fungsi lain yang dapat kita sesuaikan dengan permintaan kelompok suporter tersebut.

Cara Menjualnya

Pengenalan dan pemasaran kartu ini bisa dilakukan melalui kerja sama dengan pengurus kelompok suporter tersebut. Sebagai kompensasi bagi kelompok suporter maka pihak Bank dalam hal ini Bank Syariah yang berkepentingan akan memberikan berbagai macam fasilitas misalnya kaos anggota suporter, spanduk pertandingan-pertandingan besar (bigmatch) dan juga promosi yang menarik sehingga semakin banyak yang berminat untuk bergabung. Agar lebih menarik lagi maka dalam kartu tersebut ada tingkatan kelas/strata kartu mulai dari bronze, silver, gold sampai platinum dengan masing-masing kelebihan yang dapat disesuaikan. Misalnya pengguna kartu platinum maka dia bisa membeli tiket VIP pertandingan besar dengan harga khusus yang didiskon. Dan banyak hal yang bisa kita pikirkan dari sini.

Dari ide ini penulis berharap bank syariah keberadaannya dapat dirasakan oleh semua kalangan termasuk kalangan suporter sepak bola. Selagi masih ada pertandingan sepak bola di mana ada satu bola tetapi diperebutkan oleh 23 orang maka penjualan kartu anggota suporter akan terus ada.

1291588647212670175

Diikutkan dalam Lomba iB Blogger Competition

Tema : Saya Mau Semua Orang Tahu Bank Syariah


Comments

  1. wah keren!! semoga menang untuk bulan desember ini yah :-)
    btw, ID Kompasiana nya apa?
    kenalan doong :-)

    ReplyDelete
  2. Amiin..
    masih kalah jauh sama teh okti
    IDnya Rohmat Hidayatuloh anu nybi mbak...

    ReplyDelete
  3. makasih dah temenan :-)
    idenya hebat ,,,,

    moga beruntung (yakin dech) :-)

    ReplyDelete

Post a Comment