javascript:void(0)

Bermainlah dengan Semangat dan Indah, Kawan (Special Note)

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Kehidupan memang tidak dapat diprediksi. Sekalipun kita memiliki ribuan gagasan, cita-cita, bahkan berjuta impian semuanya belum tentu berakhir pada kenyataan. Ingatkah kita, mungkin sebagian dari kita dahulu ketika SMA ada yang memiliki cita-cita menjadi seorang karywan, ada pula yang ingin menjadi seorang pebisnis atau sekedar menjadi guru, dan lainnya. Apapun itu kita memiliki suatu tujuan akhir. Sebuah tempat pemberhentian.

Seiring dengan berjalannya waktu, kehidupan kita akan disisipi dengan berbagai hal yang mungkin dahulu tidak pernah kita targetkan. Pemikiran-pemikiran baru, kesempatan-kesampatan baru, amanah-amanah hidup baru yang tersemat pada diri kita sehingga kemudian kita perlahan tapi pasti akan jauh meninggalkan target menyelesaikan amanah yang lebih pokok sehingga mengantarkan kita pada sebuah terminal pemberhentian akhir salah satu fase kehidupan kita.


Note ini saya tunjukkan untuk semua sahabat saya, yang saat ini masih banyak kendala untuk menyelesaikan sebuah tahapan permainan hidup. Mungkin bagi sebagian dari kita bukanlah sesuatu yang istimewa ketika kita bisa menyelesaikan study kita menjadi seorang sarjana. Tapi ketahuilah, di belakang sana ada banyak orang yang menanti kita untuk menyelesaikannya. Ibu kita, orang yang paling mengharapkan agar kita segera saja menyelesaikan amanah kita. Bukan karena dia berharap pamrih material dan meminta kompensasi kepada kehidupan kita. Bukan itu.... dia tidak akan mengharapkan kita menjadi pegawai, menjadi karyawan atau sejenisnya. Tapi yang dia harapkan adalah ketenangan batin, ketenangan yang didapatkan ketika salah satu amanahnya dalam mendidik anak dapat segera berakhir. Begitu juga dengan ayah kita, kakak-kakak kita dan saudara kita yang lain atau bahkan murabbi kita pun berharap demikian. Kawan, percayalah mereka akan senang. Apapun hasil akhir yang kita capai. Asal itu berakhir dengan baik. 

Kawan, kali ini saya ingin mengumpamakan permainan hidup ini dengan sepakbola. sebuah permainan yang mungkin sebagian besar kita sukai. Sebagai seorang pemain bola kita dituntut untuk bermain dengan semangat, bermain dengan indah dan mampu memberikan penyelesaian akhir secara indah. 

Dalam permainan ini kita juga diajarkan bahwa kita tidak akan meraih sebuah goal tanpa kita fokus pada bidikan kita, gawang yang akan menjadi sasaran tembak kita, maka sudah tentu hal-hal yang akan mengganngu kita dari fokus kita tinggalkan sementara betapapun kita mencintai hal tersebut, betapapun kita tidak merelakannya.

Dalam permainan sepakbola, seorang pemain terutama striker akan melewati banyak rintangan sehingga hanya ada dua pilihan yang akan terjadi padanya; berhasil ataukah gagal. Berhasil pada sebuah fase akan sangat berarti, namun jika kita gagal yakinlah masih ada kesempatan selagi 90 menit itu masih berjalan.

Sepakbola mengajarkan, bahwa  penonton tidak akan pernah mengubah hasil pertandingan. Pemainlah yang bisa mengubahnya sehingga sebagai seorang pemain Superstar sudah barang tentu harus menampilkan permainan yang maksimal. Semangat yang besar, kerja keras dan juga permainan yang cantik. Bawalah bola itu dengan penuh riang, jangan pernah membawa bola dengan penuh beban, karena akan menghantarkan kita pada kegagalan menembus sasaran.

Yakinlah bahwa kita akan mampu dan dapat melewati semua rintangan yang akan menghadang kita sehingga kita akan bisa menyelesaikannya dengan susah payah, kerja kereas dan keuletan menjadi sebuah goal yang begitu indah.
Indah bukan hanya untuk kita, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kita.

Kita pernah dan mungkin selalu akan menghindar ditanyakan kepada kita oleh teman kita; Bagaimana skripsi  antum? sudah sampai bab berapa? "Jengah rasanya dengan pertanyaan itu, memang ga ada yang lain apa?" pikir kita. Namun percayalah, peran mereka kalau kita umpamakan dalam sepakbola itu adalah sebagai suporter, tentu peran sang suporter seperti yang saya sebutkan di atas, dia bukanlah superstar yang mampu mengubah pertandingan hidup kita, namun jika kita telah berhasil melesakkan goal maka dia pun akan turut bergembira akan keberhasilan kita
karena sepakbola juga mengajarkan kita tentang kebersamaan.

Semoga catatan ini bermanfaat buat saya pribadi dan sebagai bentuk dukungan kepada semua teman saya yang sedang main bola, menjalankan peran sebagai Superstar, bukan sebagai Supporter. Semoga berakhir dengan berkah. You'll never walk alone.

Comments

Post a Comment