javascript:void(0)

Cara Melacak Pesawat Hilang dengan Android Device Manager


Proses pencarian pesawat AirAsia QZ8501 saat ini sedang ditangani pihak yang berwenang dan tentu kita berharap hasil pencarian berakhir dengan positif. Di tengah menunggu proses pencarian tersebut barangkali kita atau terutama keluarga penumpang bisa mencoba membantu melacak jejak terakhir posisi pesawat melalui perangkat seluler yang dimiliki penumpang di dalamnya. Semoga langkah ini bisa membantu dalam menemukan jejak-jejak pesawat yang saat ini masih belum ditemukan itu. Kita dapat melacak lokasi terakhir pesawat dengan menggunakan Android device manager
Android device manager adalah suatu perangkat yang disediakan Google yang memiliki beberapa kegunaan, salah satunya adalah untuk melacak(tracking) posisi device (perangkat) seluler Android yang kita punya. Biasanya aplikasi ini saya gunakan saat lupa menaruh HP saya. Kita bisa memperoleh lokasi terakhir perangkat Android kita melalui laptop atau PC di rumah. Hal yang bisa dilakukan keluarga penumpang untuk mengetahui lokasi terakhir perangkat HP yang dimiliki korban dengan log in Android device manager melalui laptop atau PC yang mereka miliki.
Beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:
1. Buka Android device manager di laptop atau PC  melalui Google dengan kata kunci pencarian: Android device manager atau  klikhttps://www.google.com/android/devicemanager
2. Masukkan user ID dan password yang sama yang digunakan untuk ponsel Android.
1419791417163840213halaman login
user ID yang dimaksud adalah alamat email Gmail yang digunakan untuk login perangkat Android. Biasanya kita menggunakan email Gmail utama kita Jika memiliki banyak akun Gmail maka halaman login akan berisi opsi akun mana yang sesuai seperti gambar: 1419791782500267297
Keluarga penumpang bisa mengetahui dengan mencoba akun email utama dan semoga memiliki password dari akun Gmail utama tersebut. Masukkan user ID (alamat email) dan password pada halaman logintersebut.
3. Setelah berhasil login maka akan keluar tampilan device apa saja yang menggunakan login tersebut:
1419793388540103521 klik panah bawah untuk mengetahui device
1419793449976984308contoh 2 device android saya
Pilih salah satu yang ingin dilacak (tracking).
4. Temukan lokasi perangkat terakhir dengan mengeklik tombol lokasi.
14197937261581724304temukan lokasi
Hasil tracking sebagai berikut:
14197948861940817402hasil tracking
Lokasi tracking ditemukan sesuai dengan update terakhir perangkat/device tersebut. Selain menemukan lokasi device Android yang kita cari, kita juga dapat menderingkan device tersebut.
Pencarian dengan metode ini memang sangat lemah, karena berbagai kemungkinan misalnya saat pesawat take off seluruh penumpang mematikan handphone mereka sehingga perangkat GPS dan internet pun ikut mati. Sehingga hasil pelacakan hanya mendapati lokasi terakhir di Bandar Udara Juanda Surabaya. Namun kita tidak boleh berputus asa. Kita juga perlu mencoba karena kemungkinan saat-saat pesawat mengalami masalah pihak kru pesawat mengumumkan ke penumpang dan barangkali satu atau dua penumpang sempat mengaktifkan perangkatnya. Dan apabila perangkat-perangkat handphone dari para penumpang yang jumlahnya banyak itu bisa di-tracking lokasi terakhirnya maka akan terbentuk pola yang bisa membantu menemukan lokasi terakhir pesawat.
Semoga langkah ini bisa sedikit membantu dan kita percayakan kepada pihak berwenang untuk bisa menemukan lokasi terakhir pesawat.
Saya bersimpati sedalam-dalamnya dan semoga ada kabar baik terkait pesawat AirAsia QZ8501. Amiin

Comments