javascript:void(0)

Begini Cara Mendapatkan Verifikasi Biru pada Halaman Facebook


sumber gambar : http://jtvdigital.com

Kesan pertama ketika melihat sebuah fanspage/ halaman facebook dengan verifikasi contreng biru pastinya akan beranggapan bahwa untuk mendapatkannya pasti sulit. Apalagi facebook tidak secara terbuka mengumumkan bagaimana seseorang dapat meminta agar fanspagenya mendapatkan lencana verifikasi biru. Tapi itu dulu, sekarang eranya justru facebook mulai berparadigma bahwa penghuni situs facebook haruslah manusia yang otentik. Facebook mulai dengan menghapus akun-akun yang tidak jelas namanya atau complicated, kedepan nama-nama alay akan lenyap di fb. Hal lain adalah adanya kemudahan melakukan permintaan verifikasi/ lencana biru. Saat ini banyak agency periklanan yang berafiliasi dengan facebook menawarkan jasa untuk membantu pengguna mendapatkan lencana verifikasi biru pada halaman/ fanspagenya. Tentu saja itu tidak gretongan. Bayarnya mahal bro. Tapi hal ini jadi membuktikan bahwa facebook mulai terbuka dengan permintaan verifikasi biru dan saya sudah membuktikannya pada salah satu fanspage yang saya kelola. Untuk itulah lewat tulisan ini saya ingin berbagi sedikit tips yang mungkin sebenarnya juga sudah banyak dibahas di blog-blog tutorial lain.
Adapun postingan ini ditujukan buat ngadmin-ngadmin yang ngelola halaman/ fanspage facebook resmi milik perusahaan, tokoh masyarakat, UKM maupun institusi/ lembaga pemerintah atau apapun yang punya halaman resmi asli otentik baik baik bukan untuk kejahatan. hehehe

Yang perlu dipersiapkan
a. Scan KTP admin format JPG 
b. Halaman/ Fanspage yang akan diverifikasi
c. Dokumen terkait Fanspage yang akan diverifikasi (format file JPG). Jika perusahaan dapat menyiapkan akta pendirian atau bill/ tagihan telepon, jika yang diverifikasi tokoh masyarakat dapat menyiapkan scan KTP tokoh tersebut dan jika pemerintahan dapat melampirkan scan undang-undang atau dokumen resmi  terkait pendirian lembaga/ instansi tersebut atau tagihan telepon. 
d. Situs dari halaman/ fanspage.

Langkah-langkah verifikasi

1. Login sebagai admin pada halaman yang akan diverifikasi caranya klik segitiga drop down sebelah kanan gambar bumi (tertera tulisan Gunakan facebook sebagai).  Halaman ini sebisa mungkin sudah memiliki banyak likers dan aktif (ada interaksi)

2. Rapihkan lagi informasi pada halaman tersebut sesuai dengan kelengkapan informasi yang ada. caranya :
- masuk pada tab tentang
- pilih info halaman dan isi dengan benar field yang tersedia seperti : Kategori, Nama, Subkategori, dan lain-lain sampai paling bawah biasanya URL situs.

3. Nama halaman/ fanspage WAJIB sama dengan nama website
4. Login kembali sebagai akun pribadi/ bukan admin melalui langkah no. 1
5. Mengajukan permintaan verifikasi melalui link di sini (just klick). Setelah diklik akan muncul tampilan sebagai berikut
[klik untuk memperbesar gambar]

- [Jenis verifikasi] pilih halaman (untuk profil dibahas tersendiri)
- Pada menu drop down [Pilih Halaman] pilih halaman yang akan diverifikasi 
- Siapkan scan KTP format JPG atau Tanda pengenal berfoto yang diterbitkan pemerintah kemudian upload.
- isi url situs terkait halaman yang diverifikasi
- Klik kirim


6. Setelah langkah ini selesai anda akan memperoleh notifikasi melalui facebook mention dan diminta menunggu kurang lebih 1-2 hari
7. Setelah menunggu beberapa jam anda kan kembali mendapatkan pesan melalui facebook mention untuk melengkapi informasi. Biasanya akan diminta scan dokumen terkait Fanspage (poin d)
8. Upload dokumen tersebut dengan mereply pesan tersebut. Isian pesan cukup berupa keterangan dokumen. Misal scan akta pendirian, lalu kirim.
9. Dalam waktu beberapa jam anda akan memperoleh informasi melalui facebook mention terkait verifikasi fanspage yang diminta.
10. Jika sudah diterima dan dinyatakan verified maka tidak akan langsung muncul contreng biru. Facebook menginformasikan bahwa akan muncul contreng biru dalam waktu 1x24 jam. Tapi boleh jadi bisa lebih cepat, halaman saya sudah dapat contreng biru dalam 3 jam sejak notifikasi terakhir. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Jika melalui langkah di atas belum berhasil saran saya ada baiknya mengajukan verifikasi secara langsung ke kantor perwakilan Facebook di Indonesia. 

Comments

  1. Halaman ini tidak tersedia

    Tautan yang Anda ikuti mungkin telah rusak, atau halaman telah dihapus. knpa ya gan ?

    ReplyDelete

Post a Comment