Bagaimana cara menjadi Fasilitator Google Gapura Digital?

Sumber: TechinAsia

Apa itu Gapura Digital ? 
Gapura Digital merupakan rangkaian workshop gratis dari Google bagi para pelaku UKM di sepuluh kota Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 15 Mei 2017. Kegiatan ini adalah kelanjutan program Gapura yang diselenggarakan Google bersama Kibar di tahun 2014 silam. Sebelumnya, Gapura diklaim telah menjangkau 7.000 UKM di enam kota Indonesia, sebagai upaya membantu pemilik UKM dalam memaksimalkan internet bagi pengembangan usaha mereka. 
Program pelatihan ini terdiri dari 3 kelas :
1. Siap Digital
Panduan hingga pengenalan hal dasar yang anda perlu ketahui tentang digital. Teridiri dari 4 modul : 
- Panduan Dunia Digital
- Google Untuk Bisnismu
- Tips Website Efektif
- Pengenalan SEO & SEM

2. Handal Digital
Membahas topik dengan lebih mendalam tentang digital.Terdiri dari 2 modul:
- Pendalaman SEO & SEM
- Membangun Merek Lewat Video

3. Kelas Berbagi
Kelas khusus yang disediakan oleh Gapura Digital untuk berbagi ke sesama.
- Kisah Sukses Pengusaha UKM
- Dari Wanita, Untuk Wanita. Kelas spesial dari Womenwill untuk pengusaha wanita Indonesia. Cari tahu selengkapnya di www.womenwill.com.
Untuk 10 Kota yang menyelenggarakan program ini antara lain : Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Pontianak, Malang,dan Makassar,
Bagi yang tertarik dan berminat mengikuti program ini, informasi lebih detail dapat dilihat pada link situs Gapura Digital

Sumber: Email Resmi Google

Bagaimana caranya menjadi Fasilitator Gapura Digital? 
Suatu kehormatan dan kebahagiaan tersendiri dapat tergabung dalam jajaran All Star Facilitator Gapura Digital. Begitulah bunyi email yang saya terima setelah mengikuti rangkaian seleksi yang dilakukan oleh penyelenggara. Mengapa saya bahagia? karena saya dapat mengaktualisasikan diri saya untuk berbagi kepada UKM dan memberikan manfaat sekaligus saya juga dapat belajar banyak hal dari banyak orang baik dari sesama rekan fasilitator maupun dari para pelaku UKM. Esensinya adalah belajar, dari siapapun.

Untuk menjadi fasilitator Program Gapura Digital ada beberapa cara. Salah satunya adalah melalui undangan seleksi fasilitator. Namun, agar dapat diundang dan masuk dalam list yang diundang tentunya cara yang bisa dilakukan ada banyak. Misal dengan menjadi anggota google partner ataupun terlibat di beberapa event google serta tergabung dalam komunitas yang berkaitan dengan UKM maupun komunitas digital marketing. Cara yang efektif menurut saya adalah dengan menjadi peserta dari program Gapura Digital. 

Saya mengikuti program ini pada bulan agustus 2017, kemudian mendapatkan undangan untuk menjadi fasilitator pada bulan november 2017. Dalam undangan tersebut saya diminta mengisi formulir yang disediakan dan membuat video menjelaskan langkah-langkah membuat dan mengaktifkan aku Google My Business (GMB). 

Setelah beberapa hari, akan ada pengumuman hasil seleksi. Bagi yang dinyatakan lulus akan diundang untuk mengikuti kelas Train-the-Trainer (TTT) di kota pilihan pada saat mendaftar. 

Oya, ada 2 jenis fasilitator untuk program Gapura Digital berdasarkan latar belakang pendaftar :
1. Fasilitator Individual
2. Mitra Komunitas

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai individu jika tidak tergabung dalam komunitas ataupun organisasi yang berkaitan dengan UKM yang menjadi mitra. 






Comments