Hati-hati Scam melalui Notifikasi Youtube

Scam atau bukan? 

Mungkin sebagian orang akan menganggap ini bukan scam karena email pengirimnya adalah resmi dari email YouTube.com. Hal yang perlu diwaspadai adalah bahwa ini adalah phising, salah satu teknik dalam hacking dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Hacker memanfaatkan notifikasi YouTube untuk menyisipkan tipuan kepada target dengan cara membuat nama akun/Channel YouTube yang isinya berupa keyword tipuan yg disisipkan link web phising untuk eksekusi dan menjadikan target sebagai moderator supaya YouTube mengirimkan notifikasi. Email tercapture ini dapat dipenggal menjadi 2 bagian:

1. Email notifikasi dari YouTube bahwa akun saya telah dijadikan moderator yaitu :
Hey Rohmat Hidayatuloh,
Lucky you! [Nama akun/Channel] has made you a moderator on their channel. As a moderator, you can now remove unwanted comments from videos posted on that channel. Comments you remove will be sent to the creator for their review.
View channel
dst 
2. Nama Channel YouTube : Have Win Apple Watch Get it From : -goo.gl/d9raB8
Channel ini jika menjadikan akun target sebagai moderator maka akan ada notifikasi yang akan mengelabui. Link goo.gl di atas jika adalah shortlink dari web phising. Jika diklik ujung ujungnya kita diminta isi data atau login atau download aplikasi tertentu. 
Jika kita manut, siap siap saja akun kita diambil alih. Teknik seperti ini juga bisa dilakukan di platform lain semisal facebook, Google forum dsb. 

Jadi harap waspada!

Comments