Pengguna Android Lebih Banyak dari Windows. Senjakala Microsoft?

Android saat ini memperoleh predikat sebagai sistem operasi yang paling populer.Dilansir dari situs independent bahwa saat ini jumlah pengguna android saat ini telah melampaui jumlah pengguna windows sebagai sistem operasi paling populer di dunia.
Lebih lanjut situs tersebut mengeluarkan rilis yang dikeluarkan oleh StatCounter, sebuah perusahaan analisis web yang menunjukkan pangsa pasar pengguna Android di bulan maret berada di puncak untuk seluruh pengguna internet dan mencapai 37,93%, mengungguli windows yang tercatat mencapai 37,91%.


Grafik dari StatCounter

Pencapaian android ini sangat signifikan, mengingat pada januari 2012, berdasarkan StatCounter windows menguasai 82% pengguna internet, sedangkan Android hanya di kisaran 2,2%.

"Ini adalah tonggak sejarah baru di ranah teknologi," kata CEO StatCounter Aodhan Cullen. "Windows sudah menjadi sistem operasi yang paling mainstream dari era 1980an. Dan kini, posisi tersebut diraih Android,"

Naiknya jumlah pengguna Android ini  sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi mobile dan begitu gencarnya penetrasi yang dilakukan  produsen smartphone  ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Di sisi lain Windows kurang adaptif dengan persaingan di dunia mobile. Meskipun Windows sudah mencoba ikut meramaikan dengan meluncurkan produk Windows Phone namun justeru tidak mampu meraih hati para pengguna smartphone. Pasar windows phone terus menurun dari tahun ke tahun.

Android merupakan sistem operasi yang berbasis open source,yang memungkinkan setiap orang dapat turut mengembangkannya. Selain gratis yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini juga yang membuat orang cenderung memilih Android dibandingkan dengan Windows yang sebagian besar aplikasinya berbayar. Jika kondisi ini terus terjadi dan tidak ada inovasi dari Microsoft selaku produsen windows maka boleh jadi ini menjadi senjakala Microsoft.

Comments