Tentang sistem ujian dan sertifikasi Partners yang baru


Ujian dan sertifikasi Google Partners kini tersedia di Academy for Ads, yakni program pelatihan online Google. Artinya, Anda dapat mengikuti ujian (kini disebut penilaian) dan mendapatkan sertifikasi melalui situs Academy for Ads, bukan situs Partners. Di Academy for Ads, Anda akan menemukan kursus online, penilaian, dan sertifikasi di satu tempat - sehingga lebih memudahkan Anda untuk mempelajari iklan Google.
Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari sistem penilaian dan sertifikasi yang baru, serta informasi lebih lanjut tentang Academy for Ads.

Apa yang terjadi

Pada bulan Januari 2018, informasi terkait ujian dan sertifikasi Anda yang valid telah dipindahkan ke Academy for Ads, jika Anda memilih untuk mentransfernya. Informasi yang ditransfer tersebut meliputi nama Anda serta setiap ujian dan sertifikasi yang masih berlaku pada tanggal 16 Januari 2018.
Perlu diperhatikan bahwa situs Partners tetap tersedia, dan Anda tetap dapat mengakses berbagai fitur seperti promosi, insight, dan informasi badge Partner Google (informasi badge tersedia untuk admin profil perusahaan).

Tentang Academy for Ads

Academy for Ads adalah program pelatihan Google yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan keterampilan periklanan. Program ini ditujukan bagi siapa saja yang menggunakan iklan Google, seperti AdWords, atau DoubleClick. Setelah mendaftar, Anda dapat mengakses kursus online kapan saja dari semua perangkat.
Jika belum memiliki akun Academy for Ads, Anda harus mendaftar ke Academy for Ads dan membuat akun menggunakan Akun Google. Jika sudah memiliki akun Academy for Ads, Anda dapat login ke akun tersebut lalu mengakses informasi penilaian dan sertifikasi di bagian "Profil saya".

Tentang sistem yang baru

Penilaian dan sertifikasi

Di Academy for Ads, Anda dapat mengikuti penilaian (sebelumnya disebut ujian di situs Partners) dan mendapatkan sertifikasi dari setiap tahap pembelajaran yang bertuliskan "sertifikasi" di judulnya. Anda dapat mempersiapkan diri sebelum menghadapi penilaian dengan mengikuti kursus yang ada di tahap tersebut.
Untuk sertifikasi AdWords, Anda harus mengikuti 2 penilaian — Dasar-Dasar AdWords dan penilaian area produk tambahan. Jika akan mengikuti penilaian, Anda harus lulus penilaian Dasar-Dasar AdWords sebelum dapat mengakses penilaian area produk.

Catatan

  • Penilaian AdWords telah diperbarui untuk AdWords versi baru. Artinya, pertanyaan tentang fitur yang tidak tersedia dalam AdWords versi baru, atau yang telah berubah dalam versi ini, telah direvisi.
  • Panduan belajar dalam versi PDF tidak lagi tersedia (pengecualian untuk panduan belajar Digital Sales yang tetap tersedia dalam format PDF).

Informasi penilaian

Jika memilih untuk mentransfer informasi ujian dan sertifikasi yang valid ke Academy for Ads, Anda dapat mengaksesnya di bagian "Profil saya" di akun Academy for Ads.

Bahasa yang tersedia

Semua penilaian, sertifikasi, dan sertifikat yang dapat dicetak tersedia dalam 19 bahasa. Panduan belajar tetap tersedia dalam 44 bahasa di Pusat Bantuan Partners.
Bahasa yang tersedia: China aks. sederhana, China aks. tradisional, Belanda, Inggris (UK), Inggris (AS), Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Portugis (Brasil), Rusia, Spanyol, Spanyol (Amerika Latin), Thai, Turki, dan Vietnam
Kursus Academy for Ads tetap tersedia hanya dalam bahasa Inggris.

Yang terjadi pada ujian dan sertifikasi dalam bahasa yang tidak tersedia

Jika Anda memiliki ujian dan sertifikasi yang masih berlaku dalam bahasa yang tidak tersedia, dan informasi tersebut ditransfer ke Academy for Ads, maka ujian dan sertifikasi tersebut akan tetap berlaku di Academy for Ads dalam bahasa Inggris. Selain itu, saat mendaftar ke Academy for Ads atau login ke akun Academy for Ads, Anda harus menentukan pilihan bahasa yang akan digunakan ketika mengikuti penilaian tambahan.

Profil publik Partners dan berbagi sertifikasi Anda di LinkedIn

Profil publik individu tidak lagi tersedia. Siapa saja yang memiliki link ke profil publik Anda dapat melihat notifikasi di bagian atas yang memberitahukan bahwa profil tersebut tidak lagi tersedia.
Saat ini, Academy for Ads tidak mendukung kemampuan untuk menambahkan sertifikasi Anda ke LinkedIn. Akibatnya, Anda harus login ke akun LinkedIn dan menghapus rujukan apa pun ke sertifikasi Partners Anda di bagian "Pencapaian" di profil LinkedIn. Perlu diperhatikan bahwa link sertifikasi tidak lagi tertaut ke sertifikat sertifikasi Partners Anda.

Pengaruhnya pada ujian Partners dan informasi sertifikasi

Anda tetap dapat melihat informasi untuk setiap ujian atau sertifikasi yang diperoleh sebelum 16 Januari 2018 di bagian "Profil saya" di akun Partners sampai bulan April 2018. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membantu memecahkan masalah terkait ujian atau sertifikasi Anda.
Informasi ujian dan sertifikasi yang tersedia di akun Partners akan mencakup semua ujian valid yang telah Anda ikuti, dan sertifikasi yang telah Anda dapatkan melalui situs Partners sebelum 16 Januari 2018. Artinya, jika Anda mengikuti penilaian dan mendapatkan sertifikasi di Academy for Ads setelah 16 Januari 2018, informasi tersebut hanya akan tersedia di profil Academy for Ads.

Perubahan pada laporan

Jika Anda adalah admin perusahaan, Anda tidak lagi memiliki akses ke tab "Laporan" di bagian "Perusahaan saya" pada akun Partners. Artinya, laporan sertifikasi ujian dan laporan sertifikasi pengguna, yang mungkin Anda gunakan untuk memeriksa status individu yang terafiliasi dengan Anda, tidak lagi tersedia.
Saat ini, Academy for Ads tidak menyediakan laporan mengenai informasi ujian dan sertifikasi individu yang terafiliasi dengan Anda. Sebaiknya hubungi individu yang terafiliasi dengan perusahaan Anda untuk memastikan status ujian dan sertifikasi mereka. Kami juga menyarankan Anda untuk meminta individu yang terafiliasi agar menautkan aktivitas pelatihan mereka ke perusahaan Anda, dengan cara mencantumkan nama perusahaan dan alamat email perusahaan Anda di profil Academy for Ads mereka, dan membagikan data pelatihan mereka dengan perusahaan Anda.

Pengaruhnya pada badge Partner dan spesialisasi perusahaan Anda

Status badge dan spesialisasi Partner perusahaan Anda tidak akan terpengaruh oleh ujian dan sertifikasi yang dialihkan ke Academy for Ads.
Namun, ada beberapa faktor yang dapat membuat perusahaan Anda berisiko kehilangan badge Partner dan spesialisasi, yang meliputi hal-hal berikut:
  • Tanggal habis masa berlakunya sertifikasi
  • Tidak ditransfernya informasi ujian dan sertifikasi ke Academy for Ads
  • Tidak dibagikannya informasi sertifikasi dengan perusahaan Anda dari Academy for Ads
  • Tidak dipenuhinya persyaratan sertifikasi untuk badge Partner atau spesialiasi
Berikut ini informasi lebih lanjut tentang berbagai faktor tersebut dan tindakan yang perlu Anda lakukan. Jika badge Partner atau spesialisasi perusahaan Anda pada akhirnya berisiko, admin profil Partners perusahaan Anda akan menerima email notifikasi. Admin juga akan melihat notifikasi di bagian "Status Partner" pada akun Partners mereka.
Situasi: Informasi ujian dan sertifikasi untuk setiap karyawan yang profilnya terafiliasi dengan perusahaan Anda tidak ditransfer ke Academy for Ads (dengan kata lain, karyawan memilih untuk tidak mentransfer informasi tersebut)
Pengaruh sertifikasi pada persyaratan badge Partner dan spesialisasiYang terjadi jika tidak ada tindakan yang dilakukanYang harus dilakukan karyawan Anda
Jika sertifikasi habis masa berlakunya sebelum April 2018, maka sertifikasi tersebut akan bisa digunakan sebagai persyaratan perusahaan Anda hingga masa berlakunya habisSertifikasi tidak akan bisa digunakan lagi pada persyaratan perusahaan Anda ketika masa berlakunya habis
Ikuti kembali ujian yang telah habis masa berlakunya dan yang masih berlaku di Academy for Ads
DAN
Bagikan informasi akun Academy for Ads dengan perusahaan Anda saat mereka membuat akun Academy for Ads (preferensi ini dapat diubah kapan saja dari bagian "Profil saya" di Academy for Ads)
Jika sertifikasi habis masa berlakunya setelah April 2018, maka sertifikasi tersebut akan bisa digunakan sebagai persyaratan perusahaan Anda hingga bulan April saja
Sertifikasi tidak dapat digunakan lagi sebagai persyaratan perusahaan Anda setelah bulan April 2018

Situasi: Informasi ujian dan sertifikasi untuk setiap karyawan yang profilnya terafiliasi dengan perusahaan Anda ditransfer ke Academy for Ads (dengan kata lain, karyawan memilih untuk mentransfer informasi tersebut)
Pengaruh sertifikasi pada persyaratan badge Partner dan spesialisasiYang terjadi jika tidak ada tindakan yang dilakukanYang harus dilakukan karyawan Anda
Baik sertifikasi habis masa berlakunya sebelum atau setelah April 2018, sertifikasi tersebut akan bisa digunakan sebagai persyaratan perusahaan Anda sampai masa berlakunya habisSertifikasi tidak akan bisa digunakan lagi pada persyaratan perusahaan Anda ketika masa berlakunya habis. Perlu diingat bahwa ini sama saja dengan yang terjadi pada sistem saat ini di Partners.
Ikuti kembali ujian yang telah habis masa berlakunya di Academy for Ads
DAN
Bagikan informasi akun Academy for Ads dengan perusahaan Anda saat mereka membuat akun Academy for Ads (preferensi ini dapat diubah kapan saja dari bagian "Profil saya" di Academy for Ads)

Catatan

Mungkin akan ada penundaan hingga 48 jam antara saat individu yang terafiliasi mendapatkan sertifikasi di Academy for Ads, dan saat informasi tersebut diterapkan pada persyaratan badge Partner atau spesialisasi perusahaan Anda.

Comments